Minggu, 17 Februari 2013

(DI) Tugas 7 "Jenis dan Cara Kerja I/O pada PC"


A.    Input Device
Unit ini berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar kedalam suatu memori dan processor untuk diolah guna menghasilkan informasiyang diperlukan. Input devices atau unit masukan yang umumnya digunakan personal computer (PC) adalah keyboard dan mouse, keyboard dan mouse adalah unit yang menghubungkan user (pengguna) dengan komputer. Selain itu terdapat joystick, yang biasa digunakan untuk bermain games atau permainan dengan komputer. Kemudian scanner, untuk mengambil gambar sebagai gambar digital yang nantinya dapat dimanipulasi. Touch panel,dengan menggunakan sentuhan jari user dapat melakukan suatu proses aksesfile.Microphone, untuk merekam suara ke dalam komputer.Input device berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luarsistem ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah dan menghasilkan informasi yang diperlukan. Data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer dapat berbentuk signal input dan maintenance input. Signal input berbentuk data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer, sedangkan maintenance input berbentuk program yang digunakan untuk mengolah data yang dimasukkan. Jadi Input device selain digunakan untuk memasukkan data dapat pula digunakan untuk memasukkan program.Berdasarkan sifatnya, peralatan input dapat digolongkan menjadi dua yaitu :
Ø Peratalan input langsung, yaitu input yang dimasukkan langsungdiproses oleh alat pemroses. Contohnya : keyboard, mouse, touchscreen, light pen, digitizer graphics tablet, scanner.
Ø Peralatan input tidak langsung, input yang melalui media tertentusebelum suatu input diproses oleh alat pemroses. Contohnya : punchedcard, disket, harddisk.Unit masukan atau peralatan input ini terdiri dari beberapa macam perantiyaitu :

a.    Keyboard
Keyboard merupakan unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengan komputer. Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan filedan membuka file. Penciptaan keyboard komputer berasal dari model mesinketik yang diciptakan dan dipatentkan oleh Christopher Latham pada tahun1868, Dan pada tahun 1887 diproduksi dan dipasarkan oleh perusahanRemington. Keyboard yang digunakan sekarang ini adalah jenis QWERTY,pada tahun 1973, keyboard ini diresmikan sebagai keyboard standar ISO (International Standar Organization). Jumlah tombol pada keyboard iniberjumlah 104 tuts. Keyboard sekarang yang kita kenal memiliki beberapa jenis port, yaitu port serial, PS2, USB dan wireless.
Jenis-Jenis Keyboard:
1.      QWERTY
2.      DVORAK
3.      KLOCKENBERG
4.      SPECIAL FUNCTION KEY

-  Typewriter Key
Tombol ini merupakan tombol utama dalam input. Tombol ini samadengan tuts pada mesin tik yang terdiri atas alphabet dan tombol lainnya sebagaimana berikut :


 
• Back Space
Tombol ini berfungsi untuk menghapus 1 character di kiri cursor
• Caps Lock
Bila tombol ini ditekan, maka lampu indikator caps lock akan menyala, hal inimenunjukkan bahwa huruf yang diketik akan menjadi huruf besar atauKapital, bila lampu indicator caps lock mati, maka huruf akan menjadi kecil.
• Delete
Tombol ini berfungsi untuk menghapus 1 karakter pada posisi cursor
• Esc
Tombol ini berfungsi untuk membatalkan suatu perintah dari suatu menu.
• End
Tombol ini berfungsi untuk memindahkan cursor ke akhirbaris/halaman/lembar kerja
• Enter
Tombol ini berfungsi untuk berpindah ke baris baru atau untuk melakukansuatu proses perintah.
• Home
Untuk menuju ke awal baris atau ke sudut kiri atas layar
• Insert
Tombol ini berfungsi untuk menyisipkan character.
• Page Up
Tombol ini berfungsi untuk meggerakan cursor 1 layar ke atas
• Page Down
Tombol ini berfungsi untuk Menggerakkan cursor 1 layar ke bawah
• Tab
Tombol ini berfungsi untuk memindahkan cursor 1 tabulasi ke kanan.

-  Numeric Key
Tombol ini terletak di sebelah kanan keyboard. tombol ini terdiri atasangka dan arrow key. Jika lampu indikator num lock menyala maka tombol iniberfungsi sebagai angka. Jika lampu indikator num lock mati maka tombol iniberfungsi sebagai arrow key.
-  Function Key
       Tombol ini terletak pada baris paling atas, tombol fungsi ini ini terdiridari F1 s/d F12. Fungsi tombol ini berbeda-beda tergantung dari program komputer yang digunakan.
-  Special Function Key
Tombol ini terdiri atas tombol Ctrl, Shift, dan Alt. Tombol akanmempunyai fungsi bila ditekan secara bersamaan dengan tombol lainnya.Misalnya, untuk memblok menekan bersamaan tombol shift dan arrow key,untuk menggerakan kursor menekan bersamaan ctrl dan arrow key.

b. Mouse
Mouse adalah salah unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalahuntuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu, dapat sebagaiperintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard. Mouse mulaidigunakan secara maksimal sejak sistem operasi telah berbasiskan GUI(Graphical User Interface). sinyal-sinyal listrik sebagai input device mouse inidihasilkan oleh bola kecil di dalam mouse, sesuai dengan pergeseran atau pergerakannya. Sebagian besar mouse terdiri dari tiga tombol, umumnyahanya dua tombol yang digunakan yaitu tombol kiri dan tombol kanan. Saatini mouse dilengkapi pula dengan tombol penggulung (scroll), dimana letak tombol ini terletak ditengah. Istilah penekanan tombol kiri disebut dengan klik (Click) dimana penekanan ini akan berfungsi bila mouse berada pada objek yang ditunjuk, tetapi bila tidak berada pada objek yang ditunjuk penekanan iniakan diabaikan. Selain itu terdapat pula istilah lainnya yang disebut denganmenggeser (drag) yaitu menekan tombol kiri mouse tanpa melepaskannyadengan sambil digeser. Drag ini akan mengakibatkan objek akan berpindahatau tersalin ke objek lain dan kemungkinan lainnya. Penekanan tombol kirimouse dua kali secara cepat dan teratur disebut dengan klik ganda (doubleclick) sedangkan menekan tombol kanan mouse satu kali disebut dengan klik kanan (right click)Mouse terdiri dari beberapa port yaitu mouse serial, mouseps/2, usb dan wireless.

 

e. Light Pen
Light pen adalah pointer elektronik yang digunakan untuk modifikasidan men-design gambar dengan screen (monitor). Light pen memiliki sensoryang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke komputer yang kemudian direkam,dimana layar monitor bekerja dengan merekam enam sinyal elektronik setiapbaris per detik.
f. Scanner
Scanner adalah sebuah alat yang dapat berfungsi untuk meng-copy atau menyalin gambar atau teks yang kemudian disimpan ke dalam memori komputer. Dari memori komputer selanjutnya, disimpan dalam harddisk ataupun floppy disk. Fungsi scanner ini mirip seperti mesin fotocopy,perbedaannya adalah mesin fotocopy hasilnya dapat dilihat pada kertassedangkan scanner hasilnya dapat ditampilkan melalui monitor terlebih dahulusehingga kita dapat melakukan perbaikan atau modifikasi dan kemudian dapatdisimpan kembali baik dalam bentuk file text maupun file gambar. Selainscanner untuk gambar terdapat pula scan yang biasa digunakan untuk mendeteksi lembar jawaban komputer. Scanner yang biasa digunakan untuk melakukan scan lembar jawaban komputer adalah SCAN IR yang biasadigunakan untuk LJK (Lembar Jawaban Komputer) pada ulangan umum danUjian Nasional. Scan jenis ini terdiri dari lampu sensor yang disebut Optik,yang dapat mengenali jenis pensil 2B. Scanner yang beredar di pasaran adalahscanner untuk meng-copy gambar atau photo dan biasanya juga dilengkapidengan fasilitas OCR (Optical Character Recognition) untuk mengcopy ataumenyalin objek dalam bentuk teks.


 

B.    Ouput Device 
Output adalah perangkat komputer yang berguna untuk menghasilkan keluaran, apakah itu ke kertas (hardcopy), ke layar monitor (softcopy) ataukeluaran berupa suara. Contohnya printer, speaker, plotter, monitor dan banyak yang lainnya. Dari penjelasan diatas dapat kita simpulkan bahwa prinsip kerja komputer tersebut diawali memasukkan data dari perangkat input, lalu data tersebut diolah sedemikian rupa oleh CPU sesuai yang kita inginkan dan data yang telah diolah tadi disimpan dalam memori komputer atau disk. Data yang disimpan dapat kita lihat hasilnya melalui perangkat keluaran.Output yang dihasilkan dari pengolahan data dapat digolongkan kedalam 4 macam bentuk, yaitu :
1.      Tulisan, terdiri dari huruf, kata, angka, karakter khusus, dan symbol-simbol lain.
2.      Image, di dalam suatu bentuk grafik atau gambar.
3.      Suara, dalam bentuk musik atau omongan.4. Bentuk yang dapat dibaca oleh mesin dalam bentuk symbol yang hanya dapat dimengerti oleh komputer.

a.       Monitor
Monitor yang dengan istilah lain disebut juga dengan VDU(Video Display Unit), merupakan salah satu bagian yang terpentingpada suatu unit komputer. Seperti yang telah disebutkan diatas, monitormerupakan output dan yang paling sering dipandang bila kita sedangmdngoperasikan sebuah komputer. Adapun fungsi dari monitor adalahuntuk memperagakan data atau proses yang terjadi dalam CPU (Central Processing Unit) secara visual. Proses yang terjadi dalam CPUdikonversikan oleh suatu adapter video/video board dari data berbentuk digital menjadi sinyal yang akan disalurkan melalui kabel penghubungke monitor.
Karakteristik dan Sistem Kerja Masing-masing Monitora.
-          CRT (Cathode Ray Tube)
Prinsip kerja monitor CRT (Cathode Ray Tube), sama dengan prinsipkerja televisi yang berbasis CRT. Elektron ditembakkan dari belakangtabung gambar menuju bagian dalam tabung yang dilapis elemen yangterbuat dari bagian yang memiliki kemampuan untuk memendarkan cahaya.Sinar elektron tersebut melewati serangkaian magnet kuat yang membelok-belokkan sinar menuju bagian-bagian tertentu dari tabung bagian dalam.
Begitu sinar tersebut sampai ke bagian kaca tabung TV atau monitor,dia akan menyinari lapisan berpendar, menyebabkan tempat-tempat tertentuuntuk berpendar secara temporer.Setiap tempat tertentu mewakili pixel tertentu. Dengan mengontroltegangan dari sinar tersebut, terciptalah teknologi yang mampu mengaturpixel-pixel tersebut untuk berpendar dengan intensitas cahaya tertentu. Daripixel-pixel tersebut, dapat dibentuklah gambar.
 
b.      LCD (Liquid Crystal Displays)
Teknologi LCD sesungguhnya tidak hanya diterapkan pada monitorsebagaimana yang populer selama ini. Notebook, Ponsel, Pager dan berbagaiperkakas elektronis lainnya pun menggunakannya.LCD ditemukan olehseorang ahli botani asal Austria bernama Freidrich Reintzer,pada akhir abadke-19. Istilah Liquid Crytal ini justru dipopulerkan pertama kali olehfisikawan Jerman bernama Otto Lehmann.Berbeda dengan teknologimonitor CRT(Cathode Ray Tube), teknologi LCD membuat bentuk perkakasmenjadi lebih ramping, mirip dengan teknologi LED (Light Emitting Diode)ataupun plasma gas. Prinsip kerja dari monitor plasma dengan menggunakan Polarisasi,yaitu membelokan cahaya dengan warna tertentu. Pada posisi tertentumeneruskan warna kuning, posisi lain warna merah. Juga warna-warna laindi antara kuning-merah (gabungan).

-          Monitor Plasma
Teknologi ini menggunakan gas neon/xenon yang diapit dua lapisanpelat kaca. Kejutan listrik dimasukkan ke lapisan gas, yang langsungmemberi reaksi berupa penciptaan elemen gambar (disebut sebagai piksel).Proses penciptaan gambar dilakukan langsung, tanpa diurai pakai proses lainseperti CRT atau RPTV. Tentu ini membuat kualitas gambar juga jadi lebih bagus.
Televisi plasma memanfaatkan gas phospor untuk meningkatkankualitas gambar yang ditampilkam. Umumnya, televisi plasma menggunakanpanel digital light processing (DLP). DLP inilah yang menangkap sinyal atauinput berupa gambar/image dasar, berupa warna merah (red), abu-abu (grey)dan hitam (black). Warna RGB kemudian dipisahkan oleh roda warna, dankemudian dipantulkan oleh gas phospor. Yang mempertemukan tiga warna(RGB) adalah mata kita. Pada plasma televisi, gas phospor akanmengeluarkan sinar ultraviolet bilamana dipanaskan oleh sinyal listrik. Sinarultraviolet itulah yang kemudian menampilkan gambar di layar.Akibat teknologi yang digunakan, TV plasma sangat mudah panas.Malah di beberapa kasus, bila suhu ruangan tempat ia diletakkan enggak stabil, bisa juga meledak. Lalu TV jenis ini rentan sama noise (gangguanpada gambar), seperti efek gosong di gambar, smearing (tertinggalnya sinyalgambar di layar), juga color binding (lambatnya perubahan warna padaadegan-adegan cepat).

2. Printer
Printer adalah alat untuk mencetak data yang dikirimkan oleh komputer. Data yang dikirimkan dapat berupa tulisan, tabel, gambar maupun foto. Setelah dikirim oleh komputer data tersebut diproses olehprinter untuk kemudian di cetak ke kertas atau media lain. Teknologi yang digunakan printer untuk proses pencetakan antara lain suatu unit printer terdiri dari:

-          Printer, merupakan unit utama pencetakan tempat kertas atau transparansi diletakkan.
-          Kabel Data digunakan untuk menghubungkan antara printer dengan komputer. Dua jenis kabel data yang sering digunakan dalam printer yaitu : USB(Universal Serial Bus) atau Parallel.
-          Power Supply menghubungkan printer dengan sumber listrik. Terdiri dari adaptor dankabel penghubung ke printer

Jenis dan Sistem Kerja Printer Masing-MasingPrinter:
-          Dot-Matrix
Printer Dot-Matrix adalah pencetak yang resolusi cetaknya masih sangatrendah. Selain itu ketika sedang mencetak, printer jenis ini suaranyacenderung keras serta kualitas untuk mencetak gambar kurang baik karena gambar yang tercetak akan terlihat seperti titik-titik yang saling berhubungan.
-          InkJet Printer
Inkjet printer adalah alat cetak yang sudah menggunakan tinta untuk mencetak dan kualitas untuk mencetak gambar berwarna cukup bagus.Kecepatan mencetak jumlah halaman pada printer Inkjet tidak sama,tergantung pada jenis merk printer tersebut. Tetapi pada inkjet printer, hasilcetakan lebih lama keringnya jika dibandingkan dengan laser printer.

-          Laser Printer
Sebagian dari laser printer bentuknya mirip dengan mesin fotokopi.Daya cetaknya juga cukup banyak bisa mencapai lebih dari 10 lembar per menit. Kualitas hasil cetak laser printer pun sangat bagus, sehingga miripsekali dengan aslinya. Selain itu hasil cetakan cepat kering. Tetapi harga printer ini cukup mahal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar